Makalah Ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata
Kuliah Pengembangan Learning Trajectory di Sekolah Dasar
Sri Indhah (14712259012)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
DASAR
PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2015
A.
REVIEW TEORI BELAJAR
Teori
Belajar
|
Tokoh
|
Prinsip
belajar
|
Pengertian
Belajar
|
Aktivitas
Siswa
|
Aktivitas
guru
|
|
1.
|
Behaviorism
Theory
|
Gagne,
Clark Hull, Edwin Guthrie, Thorndike, Pavlov, Skinner, bandura
|
Adanyaa
perubahan tingkah laku dalam diri siswa
|
Adanya
analisis perubahan tingkah laku atau perilaku yang akan muncul dari adanya
stimulus atau rangsangan dan menghasilkan respon pada lingkungan tertentu
|
Siswa
diberi stimulus untuk menghasilkan respon, respon keumdian menjadi stimulus
untuk respon selanjutnya
|
Pemberian stimulus dan merancang pembelajaran yang menghadirkan stimulus
Memberikan penghargaan atau pujian untuk respon yang positif dan hukuman untuk menghalau perilaku yang tidak diinginkan
|
2.
|
Social
Cognitive Theory
|
Albert
Bandura
|
Adanya
determinasi timbal balik tentang adanya perilaku kognitif sosial
|
Adanya
perilaku yang muncul dari adanya interkasi sosial
Lingkungan
sosial memberi bantuan dalam mencapai pengetahuan kognitif
|
Adanya
pemodelan yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar. Sehingga siswa akan
meniru atau akan menggugah semangat emosional dalam belajar
|
Guru
merancang pembelajaran dan memberikan penguatan positif dan negatif
|
3.
|
Cognitive
Information Processing
|
Jean
Piaget, Lev
Vygotsky,
Anderson, Tulving
|
Menjelaskan
tentang proses-proses kognitif seperti perhatian, memory, metakognisi, dan
strategi kognitif.
|
Belajar adalah proses yang akan
membangun kognitif. Dengan mengedepankan perhatian, mempertimbangkan memeori,
tahap metakognisi dan strategi teori okognisi
|
Membuat
sendiri peta konsep dalam membangun pengetahuan dengan mmebuat, meringkas
atau menandai materi yang
|
Memberikan
rangsangan informasi agar siswa mengolah informasi tersebut dengan baik
|
4.
|
Meaningful
Learning Theory |
David
Paul Ausubel
|
Menggunakan
pengetahuan awal yang dimiliki siswa dan pembelajaran yang bermakna
|
Menghubungkan
materi dengan pengetahuan awal yang dimiliki siswa dengan menggunakan proses
yang bermkana dan kontekstual.
|
Belajar
dengan kerja sama dan menggunakan daya imajinasi siswa sendiri
|
Memahami
pengetahuan awal siswa dan menyusun pembelajaran bermakna
|
5.
|
Developmental
Approach
|
Jean
Piaget, Lev Vygotsky
|
penggunaan
asimilasi, akomodasi, ekuilibrium, egosentrisme untuk membangun skema.
|
Belajar
dengan adalanya tahapan perkembangan
untuk membangun pengetahuan, interaksi dan kolaborasi sosial (bantuan
orang lain)
|
Adanya
pemecahan masalah dalam mengembangkan pengetahuan
|
Guru mengeksplorasi kemampuan siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
|
6.
|
Social
Formation Theory
|
John
Dewey, Lev Vygotsky, Jean
Piaget,dan Jerome Bruner
|
Peserta didik dapat mengonstruksi secara aktif
pengetahuan dalam konteks sosial
|
Belajar melalui praktek langsung yang dapat menggugah
kemampuan kognisi siswa, sehingga siswa dapat mendistribusikan pengetahuannya
|
Menentukan sendiri tujuan, mencari cara dan metode
untuk belajar sehingga siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya
|
Memfasilitasi
peserta didik dalam belajar dengan mencapai pengetahuan, keterampilan, dan
kemampuan yang dilakukannya sendiri
|
7.
|
Representation
and Discovery Learning
|
Jerome
S.Bruner
|
Siswa
membangun sendiri pengetahuannya dimulai dari enaktif, iconik dan simbolik
bahasa
|
belajar itu meliputi tiga proses kognitif,
yaitu memperoleh informasi baru, transformasi pengetahuan, dan menguji
relevansi dan ketepatan pengetahuan
|
Berpartisiapasi
aktif dalam menyusun sendiri pengetahuannya dengan tahapan yang sesuai. Siswa
menemukan sendiri konsep dan prinsip belajarnya.
|
Merancang
dan memfasilitasi tahapan belajar siswa dengan menyediakan stimulus yang
sesuai
|
8.
|
Constructivist
Approach
|
John
Dewey, Jean Piaget, Jerome Bruner, Lev Vygotsky
|
Pembelajaran
aktif dalam mengkonstruksi pengetahuannya
|
Belajar
dengan membangun sendiri pengetahuannya dengan konsep-konsep yang sudah
dimiliki dan digabungkan dengan pengetahuan yang baru. Sehingga siswa dapat
menemukan sendiri bangunan konsepnya.
|
Menghubungkan
konsep sebelumnya dengan pengetahuan baru sehingga terjadi asimilasi dan
akomodasi
|
mendorong
siswa untuk menggunakan teknik aktif (percobaan, pemecahan masalah dunia
nyata) agar siswa dapat membangun pengetahuan sendiri, sehingga dapat
membangun konsepsi sendiri. Namun guru harus memastikan sendiri konsepsi
pengetahuan itu agar tidak terjadi salah konsep
|
9.
|
Social
Approach
|
Skinner,
Bandura
|
Adanya
perilaku sebagai dampak dari aktivitas sosial mereka
|
Belajar
dengan pengalaman langsung
|
Meniru model
dan menganggap model itu sebagai panduan untuk meniru perilaku
|
Memberikan
penguatan yang positif dan negatif
|
10
|
Technological
Approach
|
Henry Braverman (1974), Donald A. Norman (1986)
|
Menggunakan teknologi informasi untuk
membangun pengetahuan
|
mengembangkan
suatu sistem atau produk yang bermanfaat bagi calon pengguna, tutorial, drill dan praktek, simulasi, dan
pemecahan masalah. Beberapa Program CAI juga menilai dan menyimpan
catatan pemahaman siswa.
|
Siswa menggubakan teknologi informasi untuk
belajar dan berinteraksi dengan teknologi tersebut
|
Sebagai failitastor dan memastikan teknologi informasi digunakan
sesuai tujuan
|
B.
Hubungan
berbagai macam teori belajar berdasarkan paradigma
Dari
teori di atas akan kita temui pembagian tiga ranah besar
C. PETA
KONSEP TEORI BELAJAR/ ALUR BERPIKIR SISWA
0 komentar:
Posting Komentar